Fakta Menarik Tentang Candi Prambanan

Candi Prambanan sering disebut-sebut sebagai candi Hindu terkeceh di planet ini. Dengan posturnya ramping dan jangkung, benar-benar peninggalan Jawa kuno yang sangat menawan. Candi hindu terbesar di Indonesia memiliki arsitektur bangunan yang menakjubkan.

Candi Siwa terbesar

Candi Siwa, candi yang tertinggi dalam kompleks Candi Prambanan merupakan bangunan pemujaan Siwa terbesar yang ada di Indonesia. Karena puncaknya menjulang sampai 47 meter. Seperti dugaan sejarawan, pada saat Prambanan dibangun pada abad ke-9, agama yang dianut Kerajaan Medang Mataram beralih dari Buddha Mahayana ke pemujaan terhadap Dewa Siwa.

Candi Prambanan seperti Gunung Semeru

Menurut kosmologi hindu kuno, Pada Awal, Candi Prambanan didesain menyerupai puncak mahameru. Karean hal tersebut dikarenakan masyarakat zaman dahulu percaya bahwa mahameru merupkan rumahnya para dewa. Dengan kata lain, Candi Prambanan adalah merupakan perlambangan rumah para dewa.

Candi Menara Sudut yang paling suci

Hal yang harus diketahui, Walaupun bukan candi utama yang menyimpan patung Mahadewa Siwa, menurut para pengelola Prambanan, Candi Menara Sudut ini merupakan wilayah paling suci di kompleks Candi Prambanan.

Searah Jarum Jam

Kalau anda mau mengikuti kisah Ramayana yang menghiasi lorong-lorong Candi Siwa, anda harus masuk dari slot gacor gampang menang sisi timur lalu pradakshina. Yang sering disebut pradakshina merupakan jalan memutar sesuai arah jarum jam. Nah, Lanjutan dari cerita Ramayana bisa anda temukan di Candi Brahma yang terletak di sisi selatan.

Halilintar

Kemudian anda akan menemukan keunikan lain yang ditunjukkan oleh Candi Prambanan dapat anda lihat melalui bagian puncak yang dimilikinya. Dalam bagian tersebut terdapat ada tampilan mahkota yang juga dikenal dengan sebutan puncak mastaka.

Terdiri Dari 3 Zona

Candi Prambanan memiliki 3 zona. Untuk zona pertama sering disebut dengan zona luar, Selanjutnya untuk zona kedua disebut dengan zona tengah, dan pada zona kedua ini, di dalamnya banyak terdapat ratusan candi dengan ukuran yang kecil. Kemudia yang terakhir zona ketiga disebut zona batin suci. Di zona terakhir ini terdapat 8 buah candi utama atau 8 buah candi kecil.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.